Catat! ini Waktu yang Paling Tepat untuk Mengunjungi Kawah Ijen

Hallo traveller! Dalam waktu dekat ini apakah kamu berencana untuk berlibur ke kawah Ijen? Kalau jawabannya “YA”, kapan rencana kamu berangkat ke Kawah Ijen? Soal waktu keberangkatan penting banget loh kamu perhatikan, jangan sampai kamu pergi diwaktu yang salah. Hmm, lantas kapan waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawah Ijen?

Sebenarnya sih kamu bisa berkunjung ke Ijen kapan saja, namun ada beberapa musim yang biasanya ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sehingga Ijen pun akan menjadi sangat ramai bahkan padat. Khususnya saat musim liburan sekolah, disarankan jangan berangkat saat waktu tersebut ya, karena dipastikan akan sangat penuh! Lalu, kapan dong waktu yang paling tepat untuk mengunjungi kawah ijen?

Antara Bulan Desember – Januari

Lebih tepatnya saat akhir Desember atau akhir tahun, saat waktu tersebut intensitas kabut yang menyelimuti Puncak Ijen lebih cenderung tipis. Sehingga pemandangan Blue Fire dan juga kawah ijen bisa terlihat dengan jelas, tidak terhalang oleh kabut tebal. Namun sayangnya, untuk akhir Desember – Januari masuk dalam musim penghujan. Sehingga kondisi jalan diperkirakan akan cukup lincin.

Tenang saja, kamu tetap bisa menikmati pemandangan kok, asalkan harus menyiapkan perbekalan yang cukup ya. Jangan lupa perlengkapan dan peralatan yang dibutuhkan juga harus kamu siapkan.

Antara Bulan Juli – September

Di bulan juli sampai September masuk dalam musim panas, sehingga sangat tepat untuk mendaki ke kawah Ijen, bahkan para pendaki pun menunggu bulan ini untuk menuju puncak. Karena musim panas, sehingga kondisi jalan pun akan lebih mudah. Sinar matahari pun lebih cerah, tidak akan membuat cuaca dingin terlalu ekstrim.

Saat Pagi Hari

Sudah memutuskan kapan akan berangkat ke kawah Ijen? Antara bulan Desember-Januari atau Juli – September? Nah, kalau sudah, sekarang saatnya menentukan kapan waktu atau jam paling tepat untuk mendaki kawah ijen.

Sebaiknya, perjalanan pendakian kamu dimulai saat pagi hari, karena saat itu udara masih sangat sejuk, kabut pun masih menyelimuti, namun semakin siang tentunya akan semakin tipis dan hilang. Kebanyakan wisatawan memulai perjalanan mereka pada pukul 5 pagi atau 6 pagi, dan bisa sampai di puncak setelah menempuh 3 sampai 4 jam waktu perjalanan.

Sementara untuk siang hari, sangat tidak disarankan. Sebab angin yang berhembus akan cukup kencang. Hal tersebut mengakibatkan gas belerang mudah terbawa oleh udara dan bisa saja mengganggu pernafasan kamu.

Saat Malam Hari

Selain pagi, malam hari juga menjadi waktu paling tepat untuk mengunjungi kawah ijen  yang dipilih oleh para pendaki untuk bisa sampai di puncak. Perjalanan bisa dimulai pada pukul 22.00, berjalan dengan santai menuju puncak, setelah sampai kamu bisa langsung mendirikan tenda. Setelah itu, kalau ingin beristirahat sebaiknya jangan terlalu nyenyak, karena di pagi hari ada pemandangan yang sangat mempesona, rugi sekali kalau terlewatkan.

Karena ada pemandangan kabut di atas kawah ijen, yang lama-lama akan memudar, matahari terbit pun menjadi pemandangan indah yang harus kamu nikmati.

Nah, itulah waktu terbaik untuk mengunjungi kawah ijen. Bagaimana, sudah menentukan kapan akan berangkat? Kalau sudah, baca juga artikel kami tentang Rute Terbaik Menuju Wisata Kawah Ijen guna melengkapi persiapanmu sebelum berangkat. Oh iya, jangan lupa siapkan juga akomodasi atau kendaraan selama kamu di Banyuwangi, sebaiknya Sewa Mobil di Banyuwangi agar perjalanan liburan lebih leluasa. Ada banyak rental, kamu bisa memilih salah satu yang menurutmu memang terbaik. Yuk, rencanakan liburan ke kawah ijen dari sekarang!