7 Tips Penting Sebelum Mendaki Kawah Ijen

Sobat traveller, kalau ngomongin soal keindahan alam di Indonesia, sudah tidak usah diragukan lagi. Banyak sekali destinasi wisata alam mulai dari Sabang sampai Merauke yang menjadi sorotan para turis lokal maupun asing. Nggak heran kalau sektor wisata menjadi salah satu pemasukan terbesar untuk Indonesia. Salah satu daerah yang ngga ada habisnya digandrungi traveller adalah Banyuwangi. Pesona alamnya memang bisa menggaet kita untuk merencanakan liburan ke daerah ini. Apalagi Wisata di Banyuwangi ada Kawah Ijen yang menyuguhkan lanskap pemandangan alam sangat mempesona.

Ngomong-ngomong soal Kawah Ijen, wisata alam ini memang selalu menjadi pilihan utama para traveller saat mengunjungi Banyuwangi. Nah, kamu pun tentunya harus menyempatkan untuk datang ke sini ya! Eits, tapi ada 7 tips penting sebelum mendaki kawah ijen yang harus banget nih kamu ketahui. Apa aja sih?

Siapkan Fisik!

Liburan juga harus siapin fisik loh, apalagi kalau mau ke kawasan ijen. Kamu harus berjalan menuju puncak agar bisa melihat pemandangan. Ketinggian gunung ijen mencapai 2.443 mdpl, dari atas kamu bisa melihat hamparan kawah dan pemandangan lautan awan. Pokoknya mantep banget deh.

Tapi, untuk trekking ke puncaknya juga cukup menantang. Di awal perjalananmu masih mendapati jalanan yang datar, namun lama kelamaan akan berubah menjadi trek yang berpasir hingga tanjakan 60 derajat. Sehingga nggak heran kalau fisik memang merupakan persiapan yang harus diutamakan.

Di samping ijen juga terkenal akan fenomena alam yang disebut api biru. Pemadangan yang hanya bisa kamu nikmati saat pagi dini hari. Tapi tidak semudah itu untuk menikmatinya, lagi-lagi fisik harus dipersiapkan. Pasalnya cuaca saat dini hari cukup ekstrim alias dingin sekali.

Tips agar fisik kamu fit saat berlibur ke Ijen, cobalah melakukan olahraga minimali 2 minggu sebelum keberangkatan secara rutin, 10 menit perhari juga tidak apa-apa, yang ringan-ringan saja. Ini akan melatih ketahanan fisik kamu. Jangan sampai, saat masih di perjalanan belum juga ada di puncak kamu sudah menyerah duluan dan memutuskan untuk pulang.

Persiapkan Peralatan, Perlengkapan dan Makanan Secukupnya

Pada tips penting sebelum mendaki kawah ijen sudah dijelaskan kalau ingin menikmati pemandangan alam di Ijen, traveller harus benar-benar menyiapkan fisik. Di samping fisik, harus ada juga perlengkapan dan peralatan yang mendukung. Karena cuaca dingin yang cukup ekstrim kamu harus siapkan jaket tebal, penutup kepala, sarung tangan, sepatu gunung, masker untuk menghindari pasir, tracking pool.

Bagi yang memiliki penyakit khusus seperti alergi pada dingin, kamu bisa membawa obat-obatan pribadi yang dibutuhkan. Intinya adalah persiapkan segala peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan. Coba buat list apa saja kebutuhanmu, jangan sampai ada yang ketinggalan! Minimal barang-barang utamamu sudah dipacking lebih awal.

Rencanakan Perjalanan dengan Matang, Jangan Sendiri

Nah, tips penting sebelum mendaki kawah ijen berikutnya adalah kamu harus tahu dengan siapa kamu akan melakukan perjalanan. Usahakan jangan sendirian ya, coba ikuti rombongan, atau Bersama teman. Kalian bisa juga gunakan jasa tour guide, demi keamanan kenapa engga? dan tentunya demi keselamatan kamu juga ya.

Disarankan sih memang menggunakan tour guide agar kamu tidak tersesat. Kamu juga bisa meminta tour guide untuk menunjukan lokasi wisata lain yang ada di Banyuwangi, selain kawasan Ijen. Namun kamu juga harus tahu, kalau sewa tour guide artinya kamu juga harus mengeluarkan biaya tambahan.

Pahami Budaya Setempat

Indonesia memang negara yang unik, setiap daerahnya pasti memiliki kebudayaan tersendiri. Termasuk daerah Banyuwangi. Agar lebih dekat dengan masyarakat setempat, sebaiknya kamu pahami dulu bagaimana sih budayanya, apakah ada hal sensitif yang tidak diperbolehkan. Ini bisa menunjukan bahwa kita menghargai perbedaan dan menghormati budaya tiap daerah. Kamu bisa googling untuk mencari tahu bagaimana sih budaya warga Banyuwangi

Persiapkan Keuangan

Setelah mengetahui waktu yang tepat mengunjungi kawah ijen, berikutnya yang harus kamu siapkan adalah Keuangan. jelas harus sekali kamu persiapkan, apalagi kalau kamu berangkat dari luar kota Banyuwangi. Jangan sampai asal berangkat, setelah di sana kamu kehabisan uang. Sehingga akan lebih baik kalau memang mau ke Banyuwangi khususnya Ijen, kamu harus menabung terlebih dahulu. Kamu cari tahu berapa harga tiket keretanya, berapa harga tour guide, berapa harga sewa kendaraan bila memang diperlukan, berapa biaya penginapan juga bila memang diperlukan.

Dimulai dengan googling setelah itu buat list perencanaan keuangan. Berapa total jumlahnya nanti akan ketahuan, setelah itu kamu lihat pada keuanganmu, apakah mencukupi atau tidak? Kalau belum mencukupi artinya kamu harus menabung dulu. Benarkan?

Sebelum Mendaki ke Gunung Ijen Jangan Lupa Istirahat Lebih Dulu!

Buat kamu yang berangkat dari luar kota, untuk menuju Banyuwangi tentunya akan ada tenaga yang harus dikeluarkan, waktu dan jarak yang harus ditempuh. Hal tersebut bisa saja membuat kamu merasa lelah sebelum mendaki. Sebaiknya, jangan langsung mendaki ya, usahakan untuk beristirahat untuk mengumpulkan tenaga.

Sewa Kendaraan di Banyuwangi

Kemana aja nih rencana liburan selama di Banyuwangi, apakah hanya Ijen atau ingin berkeliling di Banyuwangi untuk menikmati wisata alam lainnya dan kulinernya? Nah, kalau memang ingin berkeliling sangat dianjurkan untuk kamu bisa mencari jasa transportasi. Kamu bisa sewa mobil di Banyuwangi agar pengeluaran lebih hemat. Kenapa sih harus rental mobil di Banyuwangi? Tentunya selain soal hemat, kamu juga bisa lebih leluasa untuk bepergian. Kalau naik angkutan umum kan belum tentu kamu tahu mana angkutan yang benar, kalau salah, bisa-bisa malah tersesat.

Sekarang ini sudah banyak kok, jasa transportasi yang memasarkan jasanya via online agar lebih mudah ditemukan oleh para wisatawan. Kamu bisa coba cari di instagram atau google. Kalau sudah menemukan yang cocok, tinggal pilih deh kendaraan yang dibutuhkan. Contoh kapasitas 4-5 orang, bisa coba rental mobil ertiga. mudah kan?

Nah, itu tadi adalah 7 tips penting sebelum mendaki kawah ijen yang harus banget kamu ketahui. Dari semua tips di atas, tentunya secara keseluruhan memang sangat harus kamu perhatikan. Apalagi soal fisik dan keuangan, harus sudah disiapkan dari jauh-jauh hari. Jadi, kapan dong kamu mendaki kawah Ijen? Yuk rencanakan dari sekarang!