Tempat Wisata di Banyuwangi yang Paling Hits dan Kekinian

Di tengah virus Corona yang kian merebak, akhir-akhir ini dunia pariwisata mengalami penurunan. Tapi, jangan khawatir, kali ini kami akan berikan referensi liburan aman, yaitu beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang paling hits dan kekinian, namun udaranya segar dan menyejukkan. Dijamin, bikin otak kamu fresh sepulang liburan.

Taman Nasional Baluran

Di tengah virus Corona yang kian merebak, akhir-akhir ini dunia pariwisata mengalami penurunan. Tapi, jangan khawatir, kali ini kami akan berikan referensi liburan aman, yaitu beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang paling hits dan kekinian, namun udaranya segar dan menyejukkan. Dijamin, bikin otak kamu fresh sepulang liburan.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Mega Iskanti ♡ (@megaiskanti) on

Di Taman Baluran ini kita juga bisa melihat hewan-hewan yang dilindungi, seperti rusa, banteng, kancil, kucing bakau, merak, kera berekor panjang, dan hewan liar lainnya. Jika takut bertemu hewan, kamu bisa melihat keindahan taman ini melalui menara pengawas. Pokoknya keseluruhan wilayah konservasi dan aktivitas hewan disana bisa terlihat.

Untuk yang doyan selfie, kamu bisa berfoto di Sabana, disana terdapat pohon Akasia, tulang kepala banteng yang berjajar dan papan nama Savana Bekol yang ada di tengah hamparan sabana. Dijamin hasil fotomu bakal instagramable abis.

Pantai Pulau Merah

Pantai yang berlokasi di Kecamatan Pesanggragan ini, adalah salah satu destinasi yang selalu ramai oleh pengunjung yang ingin menikmati keindahan pantai nan eksotis yang berpasir putih bersih. Nama Pantai Pulau Merah berasal dari terdapatnya sebuah bukit kecil yang lokasinya tak jauh dari bibir pantai, bukit ini memiliki tinggi sekitar 200 Meter dan tersusun dari tanah berwarna merah.

Bukit ini dapat dikunjungi ketika air laut sedang surut dan ketika air laut pasang, bukit ini akan menjadi sebuah pulau yang terpisahkan oleh air laut dari Pantai. Untuk kamu yang merasa ingin menghabiskan waktu lebih lama, di pantai kamu bisa menggunakan fasilitas homestay untuk beristirahat dan menginap. Harga homestay-nya mulai dari Rp 100.000.

Dekat Pantai pulau merah ini juga ada sebuah pura yang sering digunakan untuk upacara keagamaan umat Hindu. Pura tersebut bernama Tawang Alun. Pura ini sudah dibangun sejak tahun 1980-an.

Jadi, banyak sekali aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Pulau Merah ini, kamu bisa snorkeling, berkeliling di bukit pasir merah, mengunjungi pura, hingga berselancar dengan ombak yang rata-rata setinggi 2–4 meter.

Teluk Banyu Biru (Blue Bay)

Tempat wisata di Banyuwangi yang paling hits dan kekinian selanjutnya adalah Teluk Banyu Biru (Blue Bay, merupakan sebuah teluk dengan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Laut disini masih asri dan jarang terekspose, terbukti dari warna airnya yang bersih, segar dan biru jernih.

Blue Bay berada di Muncar Banyuwangi di balik semenanjung Sembulungan, Teluk ini masuk kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Masyarakat disana menyebut Blue Bay dengan sebutan ‘Senggrong’. Jadi jika kamu ingin menyakan tentang Blue Bay, tanyakanlan ‘Senggrong’ kepada mereka.

Akses menuju Blue Bay adalah dengan menyewa perahu atau boat seharga Rp 300.000 hingga Rp 500.000. Ombak di daerah Muncar cukup besar jadi sebaiknya datanglah pagi sampai siang hari, karena pada sore hari para nelayan tidak ada yang mau mengantar karena ombaknya yang terlalu besar. Lama perjalanan dari Muncar ke Blue Bay sekitar 2 jam. Baiknya kamu pergi kesana pada jam 2 dini hari sehingga kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit di tengah laut.

Telaga Rowo Bayu

Telaga Rowo Bayu merupakan tempat wisata di Banyuwangi yang sempat hits dan kekinian karena diduga sebagai lokasi cerita horor KKN di Desa Penari yang viral beberapa waktu lalu. Terletak di Kawasan Hutan Petak 8, Desa Banyu Kecamatan Songgon. Telaga Rowo Bayu adalah sebuah rawa yang berada di lereng Gunung Raung.

Menurut warga sekitar, Telaga Rowo Bayu masih kental dengan hal mistis dan beberapa kali pernah ada kejadian yang tak terduga berkenaan dengan letaknya yang dekat dengan lokasi petilasan atau pertapaan Prabu Tawang Alun. Tapi jangan khawatir, selama mematuhi peraturan adat disana, pasti aman sehingga bisa puas menikmati keindahan alamnya.

Hutan De Jawatan Benculuk

Hutan De Jawatan Benculuk adalah tempat wisata di Bayuwangi yang terletak di Desa Benculuk, Kecamatan Kluring. Ada sejarah mengenai Jawatan, yaitu dulu merupakan lokasi penimbunan kayu jati yang dikelola oleh Perhutani. Disana ada pohon Trembesi yang digunakan sebagai penghalau terik sinar matahari untuk menjaga keteduhan.

Pohon Trembesi memiliki usia ratusan tahun dan memiliki diameter yang mencapai 3 meter. Sehingga tempat ini terasa sejuk, rindang dan segar bagi para wisatawan, khususnya yang berasal dari kota-kota besar karena jarang sekali menemukan fenomena semacam ini.

View this post on Instagram

A post shared by Doni Alfian CenNeng NgGluyur (@doningluyur) on

Bagaimana, sudah siap liburan ke Banyuwangi? jika sudah, kami akan memperkenalkan Jasa Rental Mobil di Banyuwangi yang berguna untuk menunjang kegiatan liburan kamu selama di Banyuwangi.

Azka Transport, Jasa transportasi atau Rental Mobil di Banyuwangi, yang mengedepankan Pelayanan, namun Tarifnya Bersahabat. Untuk informasi selengkapnya kamu bisa langsung saja kunjungi website resminya di azkatransport.com