3 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin dan Tips Cara Merawatnya

Sistem pendingin AC kini sepertinya sudah menjadi fitur wajib yang selalu ada di setiap mobil. Karena dengan adanya AC didalam mobil membuat kita merasa sejuk dan lebih nyaman ketika berkendara sehari-hari. Apalagi kondisi cuaca di negara tropis seperti Indonesia dan ditambah kondisi lalu-lintas yang terkadang macet. Oleh karena itu, AC menjadi sangat sering digunakan dan tidak menutup kemungkinanan membuat kinerjanya menjadi tidak maksimal. Nah, untuk mencegah turunnya kinerja pada AC mobil, yuk, mari kita sedikit mengetahui apa saja penyebab AC mobil menjadi tidak dingin dan serta tips cara merawat AC mobil agar tetap dingin.

Menjaga Kebersihan pada Kabin Mobil

Penyebab pertama yang membuat AC Mobil tidak dingin adalah Kabin Mobil yang kotor dan berdebu. Kabin yang kotor dan berdebu sangatlah tidak baik untuk kebersihan AC mobil, karena kotoran dan debu tersebut dapat menv empel pada kabin dan jok mobil.

Periksa Kondisi Kompresor

Jika terdengar bunyi-bunyian asing dari ruang mesin tempat kompresor AC, segera lakukan pengecekan. Karena bisa jadi itu sedang terjadi kerusakan pada komponennya. So pastikan ya, putaran pada kompresor berputar dengan baik dan kencang.

Perhatikan Kondisi Evaporator dan Kondensor

Kerusakan pada evaporator dan kondensor terjadi karena beberapa hal, namun penyebab yang paling sering adalah dikarenakan usia pemakaian part, atau terkena kotoran seperti kerikil.

Nah, tadi itu adalah beberapa penyebab AC pada mobil menjadi kurang dingin dan tentu masih banyak penyebab lainnya. Oleh sebab itu segera lakukan konsultasi kepada ahlinya jika memang kondisi AC sedang tidak baik.

Jika kita sudah mengetahui apa yang menyebabkan AC Mobil menjadi tidak dingin, ada baiknya kita sekarang mencegah hal-hal itu terjadi. Yaitu dengan cara mengetahui cara melakukan perawatan pada AC. yuk simak tips-tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin dibawah ini.

Menjaga Kebersihan Pada Kabin Mobil

Menjaga kebersihan kabin mobil dari kotoran dan debu adalah salah satu pencegahan agar AC tetap dingin. So pastikan ya selalu membersihkan kabin pada mobilnya. Selain mencegah kerusakan pada AC, bebas dari kotoran dan debu itu baik bagi kesehatan

Tidak Merokok Disaat AC Sedang Menyala

Jika kamu adalah seorang perokok, sebaiknya tidak merokok di dalam mobil dalam keadaan AC yang menyala. Bukalah kaca terlebih dahulu agar asap dari rokok tersebut dapat keluar dan baunya juga tidak menempel dikabin mobil.

Bersihkan Filter Kabin dan Lakukan Service Berkala

Selalu lakukan perawatan pada filter kabin dengan cara melakukan servis ditukang AC mobil. Dan jika nantinya sudah dianjurkan untuk mengganti komponen dari ACnya, sebaiknya lakukanlah penggantian.

Nah, itu tadi sedikit penjelasan dari kami mengenai penyebab AC mobil menjadi tidak dingin dan tips-tips mudah merawat AC mobil agar tetap dingin.