Mau Liburan ya? Pahami dulu tips liburan aman dikala pandemi

Pemerintah dan Satgas Percepatan Penanganan COVID-19 mengingatkan agar masyarakat sebisa mungkin untuk tetap dirumah dan menghindari berkerumunan selama pandemi berlangsung. Namun, jika ada kebutuhan yang cukup mendesak atau berlibur, diharapkan menerapkan protokol kesehatan dan menjalankan panduan liburan yang ada.

Himbauan pemerintah tersebut bukan tanpa alasan. Karena pada pengalaman libur panjang sebelumnya, selalu disertai peningkatan kasus positif COVID-19

Dikutip dari situs resmi Satgas Percepatan Penanganan COVID-19, Ketua Departemen Epidemiologi UI, yaitu Tri Yunis Miko, memberikan beberapa tips liburan aman dari penularan COVID-19 sebagai berikut

Pergi ke Tempat Wisata yang Terbuka

Tempat yang terbuka memiliki risiko penularan covid-19 yang lebih rendah dibandingkan tempat yang tertutup. Karena, ruangan tertutup tidak masuk cahaya matahari dan sirkulasi udara tidak sebaik di tempat terbuka. Adapun tempat terbuka itu seperti pantai atau pegunungan.

Hindari percikan air liur saat berbicara

Tips liburan aman dari corona selanjutnya adalah sebisa mungkin menghindari percikan air liur saat berbicara. Ingat, penyebaran virus corona itu terjadi melalui penularan droplet, saat sedang berbicara. Oleh karena itu, kita harus patuh pakai masker dan selalu jaga jarak. 

Kondisi Sehat

Jika kondisi fisik sedang tidak sehat, sebaiknya menunda terlebih dahulu untuk berpergian sementara waktu. Istirahat yang cukup, olahraga dan makan-makanan sehat agar tubuh selalu fit dan tidak mudah tertular penyakit.

Pilih Perusahaan Sewa Mobil Terpercaya

Sebagian orang ada yang memutuskan untuk menggunakan jasa sewa mobil saat liburan dengan alasan yang beragam. Entah itu karena lifestyle atau Kebutuhan. Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan sebuah jasa, ada baiknya jika kita melakukan survey kecil-kecilan terlebih dahulu. Adapun ciri-ciri sewa mobil terpercaya biasanya mereka akan mengutamakan keselamatan dan keamanan konsumennya. Dan anda harus memastikan juga bahwa penyedia jasa rental sudah seharusnya menerapkan protokol kesehatan dengan baik ketika memberikan layanannya.

Kemudian Kendaraan yang digunakan juga harus dalam kondisi yang bersih. Oleh karena itu, coba tanyakan kepada pihak penyedia jasa apakah mobil sering disterilisasi atau tidak dan tanyakan juga mengenai fasilitas apa saja yang akan akan didapatkan ketika menggunakan jasa mereka, apakah Anda akan memperoleh tisu antiseptik, hand sanitizer atau yang berkaitan dengan protokol kesehatan lainnya.

Nah, itulah sedikit tips liburan aman dikala pandemi. Semoga kita semua selalu sehat walafiat.