6 Fakta Menarik Tentang Kawah Ijen yang Perlu Kamu Tahu

Indonesia kaya dengan wisata alami tersembunyi tentu adalah suatu fakta tak terbantahkan. Gunung Ijen di Banyuwangi memiliki beberapa spot menarik disekitarnya yang masih belum dikenal luas. Bisa jadi karena mencapainya kita perlu jasa seperti rental mobil terpercaya di Banyuwangi yang mengenal medan dan lokasi. Nah, berikut Ini adalah hal-hal yang bisa Anda eksplorasi disekitar Gunung Injen.

Kawah Asam terbesar di dunia

Kawah ijen adalah kekayaan alam yang dimana termasuk paling besar di dunia ini dan kawah asamnya pun tinglat keasamannya sampai mendekati nol, Tinggi kaldera sampai 300-500 meter. Kemudian luasnya mencapai 5.466 hektar dan belum termasuk pemandangan dari atas kawah ini.

Blue Fire yang Fenomenal

Hanya ada dua tempat di dunia untuk menikmati pesona blue fire, datang ke kawah injen atau Islandia. Api kebiruan yang muncul dari kawah adalah fenomena langka. Anda dapat cari jasa transportasi di Banyuwangi yang kerap membawa wisatawan ketempat ini. Selain perjalanan ke sana tidak mudah, waktu yang tepat melihat blue fire adalah sekitar pukul 03.00 – 04.00 WIB.

Ketika gas belerang bertemu dengan oksigen terjadi pembakaran yang nampak dengan warna kebiruan. Hal ini terjadi saat gas belerang mencapai udara bebas dan saat itu kondisi sekitar jadi yang terdingin atau sekitar atas 360 derajat Celcius. Oleh sebab itu, ada waktu paling tepat untuk mengunjungi Kawah Ijen.

Cagar biosfer dunia

Banyak kekayaan alam yang terancam punah dan dicemari polusi. Kunjungi Kawah Injen yang sudah didaulatkan United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO) sebagai cagar biosfer untuk menangani konservasi alam. Mendukung tempat wisata dengan nilai edukasi tentu suatu cara cerdas memilih destinasi wisata baik untuk dinikmati sendiri atau bersama keluarga dan teman-teman.

Tambang Belerang Tradisional

Satu lagi pesona Kawah Injen adalah wisatawan dapat melihat bagaimana kehidupan masyarakat sekitar. Selain memanfaatkan tempat wisata untuk berjualan, terdapat tambang belerang di sekitar kawasan kawah Ijen yang merupakan tambang belerang terbesar di Indonesia.

Ada fakta yang menarik dari kawah ijen yaitu  proses mengangkut belerang yang dikerjakan secara tradisional dan mengandalkan tenaga manusia. Setiap hari ada lebih dari 200 kuli panggul membawa belerang dengan alat sederhana menempuh jarak yang tidak dekat. Nantinya belerang diproses menjadi korek api, bagian dari bahan kosmetik, salep kulit, material untuk ban serta bahan untuk membuat pupuk.

Taksi Tenaga Manusia

Untuk mencapai kawasan Kawah Injen dan menikmati pemandangan hanya ada di waktu-waktu tertentu. Jadi sangat disarankan kamu menggunakan jasa rental mobil saja agar datang tepat waktu dan tidak melewati moment penting. Nah, sesampainya di sana terdapat jalur pendakian yang panjang dan bisa melelahkan. Namun, di bagian ini lah ada fakta menarik tentang kawah ijen yaitu Wisatawan akan melihat menemukan gerobak yang didorong dengan tenaga manual.

Transportasi sederhana ini sudah tidak ada di kota, dan Anda dapat kesempatan mencobanya untuk sampai ke puncak Kawah Injen. Jangan keliru tarifnya tidak murah, jadi harus dilihat sebagai upaya mendukung perekonomian masyarakat sekitar serta bantuan bagi mereka yang kesulitan mendaki.

Dikelilingi Gunung

Area pegunungan memiliki pesona tersendiri. Terutama bila berjajar dan berada sangat dekat satu sama lainnya. Gunung Ijen dikelilingi oleh beberapa gunung lainnya dengan ketinggian yang beragam. Ada Gunung Rante, Raung, Pendil dan Suket. Ketinggiannya beragam dari 2.600 mdpl sampai 3.333 mdpl.

Suatu pemandangan yang langka untuk dapat melihat gunung sejauh mata memandang. Ada gunung disekeliling Anda baik melihat kedepan, samping atau belakang. Fenomena ini lah yang jadi daya tarik Kawah Injen yang dapat dinikmati dengan perjuangan perjalanan panjang.

Jelajahi Kawah Injen dengan berbagai pesonanya. Bisa Gunakan jasa transportasi dari Banyuwangi utuk dapat mencapai tiap spot dengan aman dan nyaman. Anda bahkan bisa mendatangi lebih dari satu tempat wisata bila memakai transportasi yang tepat. Jadi, tempat apakah yang paling menarik perhatian Anda?